Berita

Wisudawan Dkv Uk Petra Siapkan Warisan Bagi Adik Kelas

Blog Single

Menjelang wisuda Universitas Kristen Petra (UK Petra) ke-80, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni dan Desain (FSD) kembali menggelar Adiwarna. Adiwarna merupakan pameran karya tugas akhir mahasiswa yang digelar rutin sejak tahun 2012. Kali ini, untuk kedua kalinya, Adiwarna digelar secara daring. 

“Tidak ada kesulitan yang berarti saat harus mempersiapkan kegiatan ini secara daring, karena sejak awal dibahas kami sudah mempelajari media baru dan cara penyampaian informasi yang baru, salah satunya adalah mengganti media yang digunakan. Tapi sayangnya kondisi ppkm darurat ini membuat beberapa ide tidak terlaksana,” ujar Danny Hartanto Kristiawan, selaku ketua Adiwarna 2021.

Tahun ini ada beberapa hal baru yang dihadirkan oleh panitia, diantaranya yaitu pre-event yang berbentuk live instagram bersama beberapa figur industri kreatif Indonesia. Live  instagram ini hadir tiga kali dengan tiga orang narasumber yang berbeda. Ada ilustrator Joyfully Scribble, seniman Edy Surianta Ginting, dan fotografer Aileen Gabrielle. Tidak hanya itu, ada lagi yang berbeda yaitu lomba untuk siswa SMA dengan dua bidang yaitu comic strip dan fotografi. “Kami juga merilis zine sebagai media pengarsipan, publikasi sekaligus promosi. Zine ini berisi rubrik atau liputan mengenai proses dan hasil dari karya tugas akhir 60 mahasiswa DKV UK Petra. Zine ini dijual secara komersial dan juga disebarkan ke industri kreatif di kota-kota besar sebagai jembatan diplomasi antara kampus dengan industri yang ada,” terang Danny.

Tahun ini tema yang diangkat adalah  Codex, yang berarti manuskrip atau catatan kuno berupa buku. Tema Codex dirasa relevan karena sering kali karya itu termakan oleh zaman. Seringkali karya yang dibuat tidak diarsipkan dengan baik, hanya dipublikasi. Sehingga saat kegiatan selesai, karya itu tidak tentu bisa memberi dampak terus menerus. “Karena ini karya-karya pameran tadi di arsipkan dalam zine dengan harapan agar proses dan hasil tugas akhir yang unik-unik ini dapat terus dijadikan pelajaran, inspirasi ataupun referensi generasi berikutnya. Ini juga merupakan keinginan kita untuk mewariskan sesuatu kepada adik-adik kelas,” imbuh mahasiswa Desain Komunikasi Visual UK Petra ini.

Selain pameran dan lomba, ada pula workshop dan talkshow yang dilaksanakan melalui zoom meeting dan pendaftarannya berbayar. Sedangkan kegiatan opening dan awarding night ditayangkan melalui youtube official Adiwarna. (rut/Aj)

 

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.