Berita

Spetrakuler 2021 “conquer The Sea” Resmi Dimulai

Blog Single

Acara kemahasiswaan terbesar di Universitas Kristen Petra (UK Petra), bertajuk Spetrakuler, resmi dibuka pada Selasa, 27 April 2021 oleh Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. selaku Rektor UK Petra. Opening Ceremony diselenggarakan secara meriah yang dihadiri oleh lebih dari 600 peserta berasal dari kalangan internal dan eksternal UK Petra. Spetrakuler merupakan salah satu kontribusi Lembaga Kemahasiswaan UK Petra dalam rangka mendukung perayaaan 60 tahun UK Petra, The Rock Turns Diamond.

Spetrakuler merupakan kegiatan yang dinaungi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UK Petra. Kegiatan Bulan Olahraga Mahasiswa (BOM), Bulan Inspirasi Mahasiswa (BIM), dan Bulan Seni Budaya (BSB) yang awalnya berjalan secara terpisah kini dikemas dalam satu kegiatan besar. Opening Ceremony Spetrakuler 2021 mengusung tema “Conquer the Sea”. Kegiatan ini mendorong setiap peserta untuk berjuang serta berkompetisi dengan baik dan sportif dalam menjalani setiap rintangan untuk mencapai kemenangan. 

Dalam pidatonya, Djwantoro mengungkapkan, “Pandemi ini membuat kita harus merubah semua kegiatan yang telah disusun, namun teman-teman LK tetap mampu menghadirkan kegiatan yang kreatif untuk bidang seni, penalaran dan olahraga di tengah hambatan dan tantangan yang ada.” 

Di bidang olahraga, Spetrakuler dimeriahkan oleh perlombaan catur, virtual cycling, virtual run dan lomba e-sport. Spetrakuler juga mewadahi kegiatan yang bersinggungan dengan wawasan dan penalaran, seperti lomba esai, vlog, speech, dan kegiatan seminar yang akan dibawakan oleh pembicara-pembicara yang kredibel. Sedangkan dari bidang budaya, Spetrakuler mengusung tema yang sangat kental dengan kesenian budaya. Lomba-lomba yang dibawakan terdiri dari lomba tuan dan puan, poster infografis digital, cover lagu, band, dan sneakers art. Tak ketinggalan, Spetrakuler akan membuat pameran karya dan kuliner Indonesia. 

Djwantoro menambahkan bahwa talenta dan softskill sering diabaikan. “Padahal hal ini dapat menjadi modal yang luar biasa besar untuk masa depan yang cemerlang. Oleh karena itu, saya senang sekali karena banyak teman-teman yang turut ambil bagian dalam kegiatan ini.”, tambah rektor UK Petra”

Untuk mengenang pengabdian tokoh-tokoh UK Petra yang telah berpulang, pemenang kompetisi lomba seni-budaya dan penalaran akan mendapatkan O.F. Patty Award. O.F. Patty pernah menjabat sebagai Rektor UK Petra periode 1969-1984. Sedangkan untuk pemenang lomba olahraga akan menerima Frederik Jones Syaranamual Cup. Jones merupakan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan 1989-2001 sekaligus Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan 2010-2018. 

Pada akhirnya, Lie, Angela Sugiarto selaku ketua kegiatan Spetrakuler 2021 berharap kegiatan ini dapat mewadahi bakat dan talenta siswa SMA, mahasiswa UK Petra dan universitas lain melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Spetrakuler 2021 dalam bidang olahraga, penalaran, dan kesenian. (pnt/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.