Berita

Sosialisasi Ketentuan Pemilihan Pejabat Uk Petra

Blog Single

Tidak terasa periode kepemimpinan di Universitas Kristen Petra (UK Petra) akan segera berganti. Pada 28 Mei 2021, pimpinan universitas melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Pejabat UK Petra Periode 2021-2025. Kegiatan sosialisasi diikuti oleh sekitar 210 peserta yang merupakan dosen dan tenaga kependidikan UK Petra. Dalam sosialisasi ini, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., rektor UK Petra menyampaikan ketentuan tentang pengangkatan dan pemberhentian pejabat, serta jadwal pemilihan pejabat.

Terdapat beberapa perubahan pada ketentuan pengangkatan dan pemberhentian pejabat di UK Petra untuk periode 2021-2025. Perubahan tersebut meliputi periode jabatan, persyaratan jabatan fungsional dosen disesuaikan dengan golongan atau ruang, syarat kesehatan jasmani, rohani dan kepribadian, serta ketentuan baru bagi pejabat terpilih. “Terkait masa jabatan, pada periode sebelumnya, pejabat akan dibatasi selama dua kali. Tetapi dalam peraturan ini, ada beberapa yang tidak dibatasi, terutama untuk unit pendukung. Pada periode sebelumnya, pemilihan pejabat berikutnya menunggu setelah seorang pejabat telah dilantik. Pada periode ini, pejabat terpilih yang belum dilantik sudah boleh melaksanakan proses pemilihan pejabat berikutnya,” urai Prof. Djwantoro.

Tidak hanya itu, ada beberapa perubahan peraturan terkait pelaksanaan pelantikan. Di periode-periode sebelumnya terdapat empat tahap pelantikan. Kali ini akan dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama yaitu pelantikan rektor oleh yayasan, dilanjutkan dengan pelantikan wakil rektor, dekan, kepala lembaga, dan Ketua Departemen Mata Kuliah Umum oleh rektor. Tahap kedua yaitu pelantikan wakil dekan, ketua program studi/program, sekretaris program studi/program, dan pimpinan unit lainnya oleh rektor. “Pelantikan rektor akan dilaksanakan setelah dies natalis. Hal ini bermaksud bahwa rektor pada periode sebelumnya akan menyampaikan laporan terkait tugasnya kepada YPTK Petra saat acara dies natalis, Setelah itu baru serah terima kepada rektor periode berikutnya,” imbuh profesor Teknik Sipil UK Petra ini.

Berdasarkan jadwal pemilihan dan pelantikan pejabat UK Petra, pemilihan rektor dilaksanakan pada 30 Mei-18 Juli 2021, sedangkan pemilihan wakil rektor akan dilaksanakan pada 25 Juli-22 Agustus 2021, disusul dengan pemilihan pejabat lainnya hingga 28 November 2021. Rencana pelantikan tahap pertama akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Oktober 2021, sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Desember 2021.

“Sebelum Natal 2021, diharapkan semua proses telah selesai, sehingga memasuki tahun yang baru, para pejabat periode 2021-2025 sudah terpilih dan dapat segera memulai tugasnya. Mari kita doakan supaya seluruh proses pemilihan ini dapat berjalan lancar dan terpilih orang-orang yang tepat untuk menjadi pemimpin di UK Petra dalam berbagai jenjang. Walaupun mungkin ada perbedaan pemikiran, kita perlu terus upayakan persatuan, saling mendukung, serta mempersiapkan diri untuk mengemban tugas tertentu untuk kemuliaan Tuhan. UK Petra milik Tuhan, UK Petra milik kita bersama” pesan Prof. Djwantoro. (rut/Arj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.