Berita

Petra Civil Expo 2021 Dilaksanakan Secara Daring

Blog Single

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menggelar Petra Civil Expo (PCE) 2021 dengan tiga lomba yaitu Bridge Competition (BC), Earthquake Resistant Design Competition (ERDC), dan Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB). Awarding night dilaksanakan pada 22 Mei 2021 secara daring melalui Youtube Live Streaming.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PCE 2021 dilaksanakan secara daring, banyak penyesuaian yang dibuat dalam pelaksanaan lomba. Pada Bridge Competition dan Earthquake Resistance Design Competition, biasanya peserta membuat dua maket pada saat eliminasi dan final on the spot, namun saat ini peserta hanya perlu membuat satu maket. “Pembebanan maket BC tetap untuk eliminasi, sedangkan penggetaran ERDC dilakukan saat final pada 21-22 Mei 2021. Sebagai pengganti pembuatan maket kedua, tahun ini ERDC melalui eliminasi pertama dalam bentuk pengumpulan proposal dan BC langsung tahap presentasi di finalnya,” urai Zefanya Sharon, selaku Ketua Petra Civil Expo 2021.

Untuk Lomba Kuat Tekan Beton, rangkaian kegiatan hampir sama seperti tahun sebelumnya, tahun ini, peserta diminta mengumpulkan proposal. Pada setiap bidang lomba, peserta wajib mengirimkan maket ke UK Petra dan pengujian dilakukan oleh panitia. Peserta wajib menonton proses tersebut secara live, disiarkan di youtube atau zoom, dari rumah masing-masing untuk menjaga protokol kesehatan. 

Melaksanakan tiga lomba nasional secara online bukanlah hal yang mudah. Sharon mengaku sempat mengalami kesulitan dalam pengumpulan dana, “Acara PCE memprioritaskan sponsor-sponsor perusahaan yang berhubungan dengan teknik sipil. Selama pandemi ini, banyak perusahaan yang menutup sponsorship. Sehingga cukup challenging bagi kami untuk mencari sponsor. Puji Tuhan dana yang dikumpulkan cukup untuk setiap rangkaian acara kami,” ungkap mahasiswi semester empat ini. 

Awarding Night dilaksanakan di Quest Hotel Surabaya. Hanya panitia, pengisi acara, dan videographer yang hadir. Setiap orang wajib mengikuti tes covid yang panitia sediakan sebelum memasuki hall. Peserta mengikuti acara Awarding Night melalui live streaming youtube. Awarding night PCE 2021 dimeriahkan dengan penampilan dari Sara Fajira, seorang penyanyi yang juga seorang selebriti Youtube.  (rut/Aj)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.