Berita

Pajak Untuk Ditaati, Bukan Ditakuti

Blog Single

Chavela Wynet, Machiko Giovanni Maria dan Caroline Meviana yang tergabung dalam Tim Tax Babies meraih prestasi dalam lomba Tax Competition kategori Tax Poster dan Video yang digelar oleh Universitas Indonesia. Ketiga mahasiswi Tax Accounting Program Universitas Kristen Petra (UK Petra) ini meraih Juara 1 sekaligus Juara Favorit Tax Poster dan Video pada lomba yang dilaksanakan pada 2-14 Oktober 2021.

Peserta diminta membuat poster/video dengan tema “Milennial's Taxes Contribution During The Pandemic Recovery". Ketiganya memilih membuat poster karena merasa memiliki passion di bidang desain poster. Mereka membuat poster dengan judul “Pajak untuk ditaati, bukan ditakuti”. Hal ini menggambarkan situasi perpajakan di Indonesia, dimana banyak masyarakat yang masih belum jujur dan transparan dalam pelaporan serta pembayaran pajak, karena mereka masih takut dan merasa kesulitan dengan prosesnya. Padahal, sekarang pelaporan dan pembayaran pajak jauh lebih mudah karena sudah serba elektronik, jadi tidak ada yang perlu ditakutkan lagi.

“Konsep utama poster kami adalah seakan-akan pajak adalah sebuah hal yang ditakuti oleh masyarakat, padahal nyatanya pajak tidak menakutkan seperti yang mereka bayangkan. Jadi, di poster kami ada beberapa gambar kartun monster yang menggunakan aksesoris-aksesoris seperti topi, bando yang bertuliskan macam-macam pajak yang ada di Indonesia seperti PPN, PPh Final, PPh 21, dll. Ide ini kami dapatkan, karena kami masih sering mendengar orang-orang disekitar kita langsung takut ketika mendengar kata “pajak”, dan masih rendahnya kesadaran mereka dalam ketaatan pembayaran pajak,” urai Chavela Wynet.

Pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat melalui poster ini yaitu pajak bukanlah suatu hal yang menakutkan. Pelaporan dan pembayarannya saat ini jauh lebih praktis dan mudah. Petugas-petugas pajak pun juga ramah dan siap membantu apabila ada wajib pajak yang masih bingung atau kesulitan. 

Selama mengikuti lomba ini, mereka mengaku sempat mengalami kesulitan untuk membagi waktu karena lomba ini berlangsung bersamaan dengan jalannya UTS. Namun usaha dan kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil, ketiganya berhasil mendapatkan hadiah sebesar Rp1.000.000 untuk juara pertama, Rp250.000 untuk juara favorit, dan juga e-certificate. (rut/dit)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.