Berita

Manfaatkan Pencahayaan Dan Penghawaan Alami

Blog Single

Tiga mahasiswa Arsitektur Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil meraih Juara III Architecture For The Revival of Space yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Kompetisi ini diikuti oleh 40 kelompok yang merupakan mahasiswa dari universitas-universitas di Indonesia. Ketiga mahasiswa ini adalah Kezia Clarisa, Evan Jeremy Joedo, dan Andriyan Handjaja.

Peserta diminta membuat ide desain revitalisasi pasar tradisional yang ada di Indonesia. Ketiganya memilih pasar ikan Kedonganan di Jimbaran Bali. Dari hasil observasi, mereka menemukan ada beberapa permasalahan, diantaranya area pasar yang sempit dan bau. Ketiga mahasiwa semester lima ini membuat karya berjudul “Terangikan”. 

Berasal dari kata terang, angin, dan ikan, mereka ingin memaksimalkan pemanfaatan pencahayaan dan penghawaan alami pada bangunan dan vista ke arah laut. Konsep desainnya berbentuk seperti pohon kelapa yang memiliki makna menaungi. “Pasar ini bertujuan mewadahi kebutuhan pengguna baik nelayan, pedagang, warga Kedonganan, serta wisatawan baik lokal maupun internasional. Kami juga memperbarui sirkulasi pasar yang ramai dengan mempertimbangkan aspek social

distancing,” ujar Kezia. 

Pasar ini dirancang dengan split level, gedung pasar dibagi menjadi tiga lantai agar batas ketinggian bangunan kurang dari 10 meter. Split level menciptakan area makan yang unik di lantai atas dengan view 360 derajat. Pada sisi Utara terdapat area untuk pasar ecer dan ruang fleksibel untuk pameran hasil olahan ikan. 

Untuk pencahayaan, ketiganya merancang sky light dan void agar cahaya matahari dapat menembus hingga ke lantai dasar. Bahan yang digunakan yaitu polycarbonate yang ringan dan sifatnya menyebarkan cahaya. Tidak hanya itu, desain bangunan yang minim sekat, membuat bangunan ini dapat memaksimalkan penghawaan alami melalui celah dari roster bata serta void yang ada di dalam bangunan.
Dari 40 kelompok, terpilih lima kelompok terbaik untuk melaju ke babak final, peserta diminta mempresentasikan rancangan mereka dihadapan para juri. Mereka berhasil Juara III dan mendapatkan hadiah berupa sertifikat dan juga uang tunai sebesar Rp 1.000.000,-. (rut/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.