Berita

Dorong Mahasiswa Berpikir Kreatif Dan Inovatif Lewat Lomba Internasional

Blog Single

Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar kegiatan FAITH (Faculty of Industrial Technology) International Competition 2021. Lomba ini mengangkat topik "Covid 19 Pandemic : Its Impact on Industrial Revolution 4.0 and Future of Work". melalui tema ini, diharapkan para peserta dapat memiliki keyakinan mampu keluar dari zona nyaman dan menciptakan karya yang berguna bagi masyarakat. 

“Melalui lomba ini, kami mencoba untuk menyadarkan serta mendorong para generasi muda khususnya mahasiswa untuk bisa menciptakan atau melakukan riset terkait dengan perkembangan revolusi industri 4.0 yang juga terdistrupsi oleh pandemi COVID-19. FAITH 2021 mendorong para peserta untuk bisa menciptakan suatu teknologi baru atau perbaikan dari teknologi yang sudah ada sebagai kancah mereka untuk bisa berpikir kreatif dan inovatif dalam menyongsong ketidakpastian yang akan mereka hadapi dalam dunia kerja kedepannya,” ujar  Felix Julio selaku ketua panitia FAITH .

Lomba ini diikuti oleh 115 peserta dari beberapa negara di antaranya yaitu Indonesia, Filipina, India, Sri Lanka, Bangladesh, Jepang hingga Malaysia. FAITH terdiri dari empat mata lomba yang diikuti secara berkelompok (2-3 mahasiswa), yaitu Lomba Keilmuan Teknik Industri, Lomba Keilmuan Teknik Elektro, Lomba Keilmuan Teknik Mesin dan Lomba Keilmuan Informatika. “Setiap mahasiswa dari berbagai program studi bisa mengikuti perlombaan ini. Kami juga memiliki kerja sama dengan beberapa universitas partner (co-host) di luar negeri untuk membantu dalam publikasi lomba yang berasal dari Malaysia, Sri Lanka, Jepang, Portugal, dan Korea.”, tambah Felix.

Lomba Keilmuan Teknik Industri, merupakan kompetisi membuat poster dan video yang membahas minimal satu topik dengan melakukan riset. Misalnya seperti prediksi kapan pandemi COVID-19 berakhir di Indonesia atau di dunia atau kebutuhan vaksin COVID-19 yang baru. Sedangkan lomba Keilmuan Teknik Mesin meminta peserta membuat desain produk atau mesin yang membantu kehidupan masyarakat sehari-hari khususnya masa pandemi COVID-19 dengan menggunakan Autodesk Inventor lengkap dengan poster.

Lomba Keilmuan Informatika diminta membuat aplikasi berbasis website atau mobile-app yang dapat membantu produktivitas atau kegiatan pengguna pada era pandemic COVID-19 dengan bahasa pemrograman yang tidak terbatas dan bersifat cross platform. Sedangkan lomba Keilmuan Teknik Elektro para peserta tetap diminta membuat poster dan video tentang merancang produk IoT (Internet of Things) sebagai jawaban terhadap industri 4.0 yang mana di saat pandemi COVID-19 ini banyak sistem yang serba otomatis. 

Sebelumnya, peserta mengumpulkan karya secara online pada 10 Juni - 7 Agustus 2021. Penjurian dilaksanakan pada 9-14 Agustus 2021, dan pada 16 Agustus 2021 diumumkan para pemenang dari keempat mata lomba tersebut secara daring melalui website faith.petra.ac.id. (rut/Aj)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.