Berita

Dialog Interaktif Perpajakan Dalam Ngobras: Ngobrol Asik Sp2dk

Blog Single

Tax Accounting Universitas Kristen Petra (UK Petra) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam memberikan edukasi mengenai perpajakan. Bertajuk NgobrAS: Ngobrol Asik SP2DK, kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 6 Juli 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh DJP, Wakil Rektor bidang Administrasi Umum dan Keuangan UK Petra sekaligus dosen pengajar di Tax Accounting, Agus Arianto Toly, SE, MSA, Ak.,BKP., CFP., CA hadir sebagai narasumber. Dialog interaktif daring ini dihadiri sekitar 250 orang dari DJP, akademisi, pelaku bisnis, serta wajib pajak (WP) perorangan.  

Acara dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Pajak Pratama Wonocolo , Prof. Dr. Poltak Maruli John Liberty Hutagaol, SE., Ak., M. Acc, M.Ec (Hons), CA. Dalam sambutannya, John menyapa para peserta dengan panggilan “Pahlawan Pembangunan”, karena pembangunan hanya bisa dilaksanakan melalui pajak. Disampaikannya juga akan adanya insentif pajak dari pemerintah untuk membantu kegiatan usaha di masa pandemic Covid 19.

Dalam sesi talkshow, Agus memaparkan bahwa di dalam UK Petra ada Tax Center yang masih aktif sampai saat ini dalam menyediakan literatur pajak. Ia menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi ini, bentuk fisik literatur tersebut membuat aksesnya terbatas. Apabila literatur dalam format digital tersedia, maka mahasiswa akan dapat lebih mudah mengaksesnya.

Ketika ditanya mengenai bagaimana cara meningkatkan penerimaan pajak, Agus menyampaikan pentingnya integritas para WP. Ia mengatakan, “Prinsip yang selalu saya ajarkan adalah: Ini adalah kesempatan kita untuk mempraktekkan nilai-nilai kristiani melalui patuh kepada negara dalam hal pajak”.

Ketika membahas Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan atau Keterangan (SP2DK), Agus Kembali menyampaikan pentingnya integritas. Materi SP2DK ada di dalam kurikulum mata kuliah Hukum Pajak. Ia menyampaikan, “Yang namanya pajak itu meminta kita tidak ada dusta. Jadi apabila mengenai pajak, kita perlu menyampaikan seperti apa adanya dan itu melatih integritas kita”.

Lebih lanjut mengenai SP2DK, menurut Agus SP2DK tidak perlu ditakuti. SP2DK ini adalah alat yang soft yang memberikan kesempatan bagi WP untuk membantu DJP. SP2DK adalah alat terbaik dalam menguji kepatuhan WP. Ia memberikan suatu analogi, “Saya percaya pada mahasiswa saya, saya percaya mereka akan belajar. Akan tetapi saya berkewajiban untuk menguji kepercayaan yang saya berikan pada mereka. Dalam hal ini SP2DK adalah alat untuk menguji kepatuhan WP”. (noel/Aj)

 

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.