Kurikulum

Program Studi Desain Interior UK Petra siap menerapkan sistem Kampus Merdeka!

Dalam upaya untuk menyikapi perubahan yang terjadi di masyarakat (Industry 4.0, Society 5.0, Gen Z, IAPS 4.0, Akreditasi Internasional, dll) maka dipandang perlu untuk segera melakukan perubahan kurikulum. Sebagai pedoman umum untuk seluruh Program Studi, Pimpinan Universitas telah menetapkan pemberlakuan Kurikulum OBE‐LEAP mulai Semester Gasal 2020/2021, dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Kurikulum Pendidikan Berbasis Luaran (Outcome‐Based Education/OBE);
  • Profil Lulusan dengan kualitas P‐E‐T‐R‐A (Professional‐Excellent‐Trustworthy‐ Resilient‐Altruistic) dan memiliki kemampuan Digital Leadership;
  • Program Leadership Enhancement Program (LEAP) untuk memfasilitasi link and match dengan dunia kerja;
  • Mata Kuliah Lintas Program Studi (MK‐LP) untuk memperkaya wawasan dan interaksi antar mahasiswa lintas keilmuan;
  • Integrasi antara bidang akademik dengan kegiatan kemahasiswaan; dan
    Penerapan metode Service‐Learning (S‐L).

Kurikulum Prodi Desain Interior UK Petra menerapkan program 3+1, yaitu 3 tahun kuliah diakhiri dengan 1 tahun proses pembelajaran di luar kampus yang dinamakan Leadership Enhancement Program (LEAP). Program LEAP dibagi menjadi 5 (lima) jalur peminatan yaitu, 1) Research, 2) Innovation and Business Start-up, 3) Global Exposure, 4) Community Engagement dan 5) Industrial Experience. 

Capaian Pembelajaran Lulusan

Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Desain Interior adalah sebagai berikut:

  1. Memegang teguh nilai-nilai kristiani, terutama kasih, integritas, pertumbuhan, kerendah hatian dan kebenaran (Love-Integrity-Growth-Humility-Truth.
  2. Menunjukkan sikap mau berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara sesuai bidang Desain Interior.
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan dengan memanfaatkan teknologi digital sesuai dengan bidang keilmuannya (Digital Leadership).
  4. Lulusan menguasai ilmu pengetahuan dasar, ketrampilan, dan mampu mengimplementasikan keilmuan desain interior yang bermanfaat bagi masyarakat.
  5. Lulusan mampu menciptakan karya dan menghasilkan kajian ilmiah dibidang Desain Interior yang mengutamakan kearifan lokal (local indigenous), desain berkelanjutan (sustainability design), berorientasi creativepreneurship, dan berbasis teknologi.
  6. Lulusan mampu mengaktualisasikan diri dibidang Desain Interior secara efektif baik visual, lisan, maupun tulisan untuk membangun kepercayaan dan networking.


Prasyarat Yudisium

Program Studi DI UK. Petra menetapkan prasyarat yudisium yang harus dipenuhi oleh mahasiswa sebagai berikut:
1. Menyelesaikan minimal 144 sks dan lulus seluruh mata kuliah yang diwajibkan, sesuai dengan kurikulum yang berlaku
2. Seluruh mata kuliah DI memiliki nilai minimal “C”
3. Telah mengambil minimal satu MK berbasis Service-Learning
4. Lulus TOEFL (EPT) dengan nilai English Proficiency Test minimal 500
5. Nilai Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) minimal 55,5
6. Mengikuti minimal 1 kegiatan bersifat Internasional

 

Download Katalog Ortu Maba: petra.id/katalog_ortu_maba_intra
Silahkan klik link : Tabel Kurikulum 2020


 

Klik untuk melihat

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
  • Core Courses
  • LEAP Courses
  • Skill Courses
  • Supporting Courses
DU4197
Agama dan Hidup Bermakna (4 SKS)
Mata Kuloiah Agama dan Hidup Bermakna merupakan mata kuliah wajib yang diadakan untuk menolong mahasiswa belajar membangun dan mengembangkan konsep kehidupan yang bermakna, yakni mengetahui tujuan hidup dengan wawasan dunia yang benar dan tepat di dalam melihat dan mengevaluasi berbagai aspek kehidupan.
C
DU4122
Bahasa Indonesia (2 SKS)
Perkuliahan ini diadakan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang benar mengenai penggunaan tata bahasa, yang dalam hal ini adalah Bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam hal menulis dan melakukan presentasi yang bersifat formal. Mahasiswa dekat dengan kegiatan menulis sejak awal perkuliahannya. Yang dimaksud dalam hal ini adalah mahasiswa mampu menuangkan ide pemikirannya dalam bentuk tulisan, mulai dari tugas makalah sederhana hingga Skripsi. Oleh karena itu perlu ada pembekalan agar mahasiswa bisa menulis dengan baik. Di samping menulis, mahasiswa juga dituntut untuk mampu melakukan presentasi dengan baik, yaitu bagaimana mahasiswa bisa menyampaikan (speech) secara lugas apa yang telah ia tulis. Dengan demikian, secara sederhana, matakuliah Bahasa Indonesia ini membantu mahasiswa untuk dapat menulis dan menyampaikan apa yang ditulis dengan baik dan benar.
DU4101
Pancasila (2 SKS)
Mata Kuliah Pancasila menyelenggarakan pembelajaran tentang nilai-nilai Pancasila, belajar untuk memaknai Pancasila dari lahirnya sampai era sekarang ini, menghayati Pancasila sebagai dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi Negara yang mampu menyatukan keanekaragaman bangsa Indonesia demi tetap tegaknya NKRI, menolak ideologi asing yang bertentangan dengan Pancasila, menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinil orang lain, mengintegrasikan iman Kristen dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai warga Negara yang bertangungjawab dalam mewujudkan ke-Indonesian yang utuh, adil dan demokratis, serta memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, bekerja sama dan memiliki kepekaan social.
DU4163
Etika Profesi (2 SKS)
Mata kuliah Etika Profesi merupakan pelajaran yang menolong dan melatih mahasiswa untuk mampu mengevaluasi dan memberikan solusi perbaikan yang konstruktif dari berbagai macam permasalahan dilematis dalam isu etika dunia kerja berdasarkan wawasan dunia Kristen.
Telah lulus min. 60 sks, telah lulus MK Agama dan Hidup Bermakna
DU4164
Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS)
Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menyelenggarakan pembelajaran tentang ke-Indonesiaan, belajar untuk menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, membangun rasa kebangsaan, dan mencintai tanah air Indonesia guna mendukung terwujudnya seorang sarjana atau profesional sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang terdidik memahami tentang Indonesia, memiliki kepribadian Indonesia, memiliki rasa kebangsaan Indonesia, dan mencintai tanah air Indonesia. Dengan demikian, ia menjadi warga negara yang baik dan terdidik (smart and good citizen) dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang demokratis.
Lulus MK. Pancasila
C
DU4198
Digital Leadership (2 SKS)
Digital Leadership adalah mata kuliah yang memberi wawasan terkait kepemimpinan digital. Kepemimpinan digital adalah kepemimpinan di era digital dan kepemimpinan yang mentransformasi organisasi menjadi organisasi yang lebih digital. Mata kuliah ini akan membahas prinsip servant leadership, kompetensi membangun komunitas serta kompetensi digital. Setiap mahasiswa akan menerapkan berbagai prinsip digital leadership ke dalam program studi masing-masing termasuk dalam memperkirkan profesi masa depan yang terkait dengan program studi tersebut.
Lulus min 60 SKS
C